Tuesday, November 2, 2010

MENGAKSES DOA MALAIKAT

   Pada penutup surat sebelumnya (QS.Az-Zumar:75) dijelaskan nabi SAW akan diperlihatkan malaikat-malaikat yang berlingkar mengelilingi'Arsy dengan bertasbih .Pada QS.Al-Mukmin:7 lebih detail allah jelasakan bahwa para  malaikat itu tidak hanya bertasbih dan bertahmid pada hari kiamat saja , tapai juga hanaya sepanjang waktu termasuk sekarang . mereka juga beristigfar meminta ampunan bagi orang- orang yang beriman dan bertaubat .
   Lalu bagaimanakah bentuk Arsy' itu ? tidak ada yang bisa menjelelaskan dengan pasti .Al-lusi mengatakan Arsy terletak di langit tertinggi , besar dan luas . Andai air di bumi diusapkan padanya tidak akan cukup . Pemikul dan penjaganya malaikat pilihan . Kaki mereka terhujam ke dasar bumi , kepala mereka di langit memikul ' arsy.
   menurut para ahli tafsir, pemikul arsy' berjumlah delapan , berdasarkan Q.S Al-Haqqah:17"..dan pada hari itu delapan malaikat menjunjung 'arsy Tuhanmu di atas (kepal) mereka."Menurut Al-Alusi pula , kedelapan  malaikat itu membaca tasbih dan tahmid dengan merdu dan khidmat . Empat malaikat membaca SUBHANAKA WABIHAMDIKA'ALAHILMIKA BA'DA'AFWIK(maha suci engkau.segala puji bagimu atas kemurahan yang melampaui pengampun -anmu) dan lainya menjawab SUBHANAKAN WABIHAMDIKA 'ALA 'AFWIKA BA;DA QUDRATIK(Maha Suci Engaku. segala puji bagimu atas pengampunanamu melampaui kekuasaanmu). Atau tasbih dan tahmid lain , seperti SUBHANALLOHIL'ADHIM (Maha Suci Allah.segala puji bagi allah yang maha agung).
    Mereka adalah malaikat termulia , tercipta paling awal , pembesar bagi malaikat yang lain . tidak pernah menoleh demi kesungguhan memikul 'arsy sebagai amanat allah. tasbih dan tahmidnya juga diikuti para malikat di sekitarnya yang jumlahnya hanya allah yang mengetahui .
    Para malaikat itu tidak hanya mengagungkan allah saja , tapi juga memohon ampunan bagi orang yang beriman yang segera bertaubat setelah melakukan dosa .Dalam pandangan malaikat , betapa berat tantangan manusia . untuk menjadi orang baik, ia harus melawan diri sendiri. kadang tersungkur kala dengan hawa nafsunya , tapi bangkit kembali . tidak seperti malaikat yang tidak memiliki hawa nafsu.
    Manusia pun harus bekerja siang malam demi kebutuhan makan dan minum. Tidak seperti malaikat yang tidak membutuhkan nya . Harta , wanita dan tahta sering menjauhkan manusia dari allah , tapi manuasia tetap berupaya kembali padanya . Maka malaikat beristighfar bukan untuk didirinya melainkan untuk manusia yang beriman dan selalu bertaubat .
    Para malaikat juga berikrar dan berdoa (sebagaimana ayat berikutnya), "WAHAI TUHAN KAMI ,rahmat dan ilmumu meliputi segala sesuatu , maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalanmu dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala -nyala."(QS.AL-MUKMIN:8).
    Segala yang dialam ini tidak luput dari kasih sayang dan pengawasan allah . ketika kita melakukan dosa , meski dirahasiakan , allah pasti tahu sebaliknya dosa sebesar apapun, jika pelakunya bertaubat , allah pasti memberi pengampunan.
    Menurut hadits nabi, setiap orang yang beriman pasti masuk surga sekalipun iman yang sedikit. Namun tidak semua orang bisa masuk langsung. Ada yang harus menjalani  hukuman  dineraka sesuai dosa yang belum terampuni. Maka malaikat meminta agar manusia beriman dan bertaubat itu dijauhkan dari siksa dan langsung dimasukkan ke dalam surga.  
    Perhatikan doa malaikat diayat berikutnya, "Wahai Tuhan kami, dan masukkan mereka kedalam syurga 'Adn yang telah engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan istri-istri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (QS. Al-Mukmin:9)
    Orang-orang mukmin juga didoakan agar orang tua, anak cucu, dan istri mereka dimasukkan bersama-sama ke surga. Apakah mungkin mereka disatukan dalam satu tempat, sedang usia untuk badah dan tingkat keimanan mereka tidak sama? itu urusan Alloh dan Ia Maha Pengasi. Oleh karena itu aya ini ditutup dengan "Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana"
    Pada Hadits riwayat said bin Jubair, ada orang yang masuk ke surga lebih dulu dari keluarganya. Lalu ia bertanya, aina abi, aina ummi, aina ibni, aina zauji?(dimana bapakku, dimana ibuku, dimana anakku dan dimana istriku?). Lalu semuanya dipanggil Alloh untuk dipertemukan dan ini adalah berkat doa para malaikat.
    Ternyata doa sebanyak itu belum cukup. Maka malaikat menambah doa lagi di ayat berikutnya, "Dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu maka sesungguhnya telah engkau anugerahkan rahmat padanya dan itulah kemenangan yang besar".
    Malaikat memohon agar tiap manusia beriman dan bertaubat dimudahkan proses pengadilannya serta dijauhkan dari siksa kubur dan neraka. Lengkap sudah doa para malaikat untuk kita. Apalagi ketika kita duduk bersama untuk berdzikir. Abu Hurairah RA dan Abu Sa'id RA berkata, Rosululloh saw bersadba,"Tidak satupun sekelompok orang yang duduk dalam sebuah pertemuan untuk berdzikir kepada Alloh, pasti mereka dikelilingi para malaikat, dipayungi dengan rahmat, dianugerahi kedamaian dan Alloh mengumumkan kesalehan mereka kepada semua malaikat yang ada disisiNya" (HR Muslim).
    Apa yang kita tiru dari malaikat?
Pertama, kesungguhan menjalankan perintah dan tiada lewat sedetikpun keculai untuk berdzikir memuji Alloh.  Kedua,kepeduliannya kepada pihak lain. Kita diajari untuk selalu berfikir dan berusaha untuk kebahagiaan dan keselamatan orang lain. Berdasarkan ayat diatas, jika kita menjadi orang yang beriman dan selalu bertaubat, berarti kita telah menyelamatkan diri sendiri, orang tua dan anak cucu kita berkat doa para malaikat.
    Kita beruntung dan amat berbahagia jika mendapat doa dari orang tua, anaka cucu, anak yatim, istri/suami dan sebagainya. tapi akan lebih berbahagia dmendapat doa dari para pembesar malaikat. Maukah? silahkan mengakses dengan password: IT (iman dan taubat)