Wednesday, June 3, 2009

Tips Menemani Anak Belajar

Kesibukan anak" kita pada bulan mei ini sehubungan dengan kegiatan belajar mereka disekolah semakin meningkat. disatu sisi mereka harus segera menyiapkan materi untuk semester depan sedang di sisi lain mereka harus mulai mengulang kembali semua mata pelajaran dari semester awal untuk menghadapi ujian akhir semester.

kita sebagai orang tua dapat dituntut untuk memastikan mereka dapat melakukan semua itu. oleh karena itu berikut beberapa tips yang dapat dilakukan orang tua dalam mendampingi mereka belajar .

1. Kenali Program Pembelajaran.
dengan mengenali program pembelajaran mereka, kita sebagai orang tua dapat memberikan arahan kepada mereka dalam mempelajari materi" yang memang tertulis dalam program pembelajaran.

2. Susun Rencana
kita harus bisa membimbing anak untuk membuat rencana program belajar dalam mempersiapkan ujian semester. program belajar itu dapat berupa materi pelajaran, waktu belajar, ehnik dan fasilitas belajar.

3. Pengkondisian Suasana Belajar

4. Beri Penghargaan
penghargaan akan mengajarkan anak suatu nilai. jika kita memberikan penghargaan karena mereka berprestasi, maka ia akan belajar memahami nilai prestasi.

5. Bersikap Positif

6. Ciptakan 'CITA RASA' Kesuksesan

7. Kenali Gaya Belajar Si Buah Hati

8. Jangan Lupakan Doa
berdoa bersama anak untuk kesuksesan ujian mereka. orang tua yang berdoa bersama anak" mereka adalah motivasi yang sangat baik untuk mengembangkan perasaan kehadiran Allah ditengah" mereka.