Friday, February 6, 2009

Cerewet

Cerewet inilah sebenarnya yang paling dibenci oleh anak-anak dari orang tua mereka. Tetapi orang tua mana yang menghendaki dirinya dilabeli cerewet.

Dengan mempertimbangkan beberapa aspek, sebenarnya orang tua mulai dapat menghindari dari pernyataan-pernyataan berulang yang tidak mempunyai dampak bagi anak. Sehingga labe cerewet pun insya Allah dapat dihindari. Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan orang tua :

1. Menurunkan tubuhnya setinggi anak.
Dengan menundukkan badan, anak merasa bahwa orang tua menghormati mereka. Hanya dengan permhormatan yang tulus maka anak juga akan menghormati perintah orang tuanya.

2. Menatap mata anak.
Tatapan mata adalah tanda awal adanya hubungan yang baik. Banyak orang tua meminta putranya untuk melakukan sesuatu tanpa menatap mereka. Anakpun tidak merasa mereka diminta sesuatu oleh orang tua mereka.

3. Mengubah nada suara.
Beberapa orang tua mempunyai pemahaman bahwa suara keras lebih didengarkan putra - putri mereka. Padahal pemahaman ini lebih sering salahnya dari pada benarnya. Pastikan nada suara kita tegas tetapi tetap lembut saat meminta mereka. Ketegasan tidak identik dengan kelantangan.

4. Menyatakan permintaan dengan kata-kata yang jelas dan tidak bertele-tele.
Orang tua hendaknya bisa menbedakan antara mereka meminta pendapat anak dengan meminta anak melakukan sesuatu. Keduanya jelas dua hal yang berbeda.

5. Tetap tenang.
Walaupun hati bergejolak melihat anak belum melakukan permintaan kita dari sebuah pernyataan tetaplah berusaha tenang. Ulangi teknik ini dari awal dengan tatapan yang lebih berwibawa dan suara yang lebih tegas tetapi tetap lembut. Semoga Berhasi.


Dari. Majalah Al Falah (Jan'2009)